Skip to main content

Pulau Pombo Yang Jadi Surga Tersembunyi di Maluku


Cool Tips - Okeh sahabat semua, sekarang aku mau cerita soal keindahan Indonesia Raya tercinta ini.

Rakyat Indonesia, termasuk aku ya hehe, harus bangga dengan Nusantara ini. Kenapa? Karena negara kita ini dikarunia begitu banyak pulau, baik yang besar atau kecil dan yang berpenghuni atau kosong.

Selain itu, Indonesia, khususnya yang bagian timur, ternyata memiliki pulau-pulau yang indah dengan pantainya yang sangat eksotis.

Semua pasti tahu dengan Raja Ampat yaa? Raja Ampat adalah gugusan pulau dengan pemandangan laut, baik di permukaan dan di bawah, yang begitu indah. Sampai-sampai sering jadi bahan pemberitaan di mana-mana hingga viral dan terkenal di manca negara.

Namun saat ini aku tidak membahas tentang Raja Ampat, tapi aku mau cerita soal dua pulau indah di Maluku tercinta.

Ternyata ada dua surga tersembunyi di wilayah Maluku yang mungkin bisa disejajarkan dengan Raja Ampat. Dua surga tersebut adalah Pulau Pombo dan Pulau Ora.

Tentang Pulau Pombo

Maluku menjadi salah satu provinsi di wilayah timur Indonesia yang mulai dilirik wisatawan. Destinasi yang menjadi favorit para pelancong jika datang ke Maluku adalah wisata baharinya.

Sebagai provinsi kepulauan, Provinsi Maluku memiliki banyak pulau dan otomatis pantai. Rata-rata pantai di Maluku berpasir putih. Dan salah satunya adalah Pulau Pombo yang jadi surga tersembunyi di Maluku.

Pulau Pombo yang terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah itu adalah salah satu pulau cantik tak berpenghuni. Secara geografis, Pulau Pombo berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon.

Luasnya memang tidaklah terlalu besar hanya 4 km persegi saja. Karena itu wisatawan bisa mengelilingi Pulau Pombo hanya dengan berjalan-jalan saja. Pulau indah ini menyimpan berbagai keindahan alam, baik darat maupun laut yang sangat menawan.

Bagi yang ingin mengusir stres dan mencari ketenangan, pulau ini memang menjadi pilihan yang tepat. Sementara bagi yang suka kegiatan menyelam, Pulau Pombo bisa dibilang sebagai sebagai salah satu spot snorkeling dan diving baru di Maluku. Keindahan bawah laut Pulau Pombo telah menarik minat penyelam baik dari dalam maupun luar negeri.

Meski tidak dihuni oleh manusia, Pulau Pombo memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistemnya yang cukup tinggi. Karena itulah Pulau Pombo dinobatkan sebagai kawasan konservsi.

Wilayah daratannya ditunjuk sebagai cagar alam sementara perairan yang mengelilinginya dijadikan sebagai taman wisata alam laut. Jika dilihat dari kejauhan, daratan indah Pulau Pombo dengan pantai pasir putihnya seakan megapung sendiri di tengah laut yang jernih sehingga membuat mata siapa saja yang melihat akan terpukau oleh keindahannya.

Di pulau ini para pelancong bisa berenang, snorkling, menyelam, memancing, trekking, pengamatan burung, jalan kaki mengelilingi pulau, dan berbagai aktivitas wisata alam lainnya. Jika beruntung, pelancong bisa melihat lumba-lumba yang berenang di sekitaran pulau.


Untuk menuju pulau ini dari Kota Ambon menggunakan kendaraan bermotor. Pertama pelancong akan diantar menuju Tulehu, sekitar kurang lebih 1 jam. Setelah itu dilanjutkan dengan menggunakan speedboat atau perahu nelayan dari pelabuhan Tulehu menuju Pulau Pombo.

Ketika berlibur di Pulau Pombo, pelancong mungkin tidak akan menemukan bangunan dan papan petunjuk. Bisa dibilang, pulau ini belum banyak tersentuh oleh manusia, jadi sangat terjaga keindahan alamnya.

Bagaimana? Tertarik ke Maluku dan melancong ke Pulau Pombo? Ajak semua orang agar tahu bahwa Maluku itu juga punya surga wisata yang tak kalah dari mancanegara. Secara, jika dihitung biaya perjalanannya masih murah jika harus pergi ke Maladewa atau Pattaya di Thailand yang katanya punya pantai yang sangat indah.

Mari bangun Maluku dengan mengajak semua orang untuk berwisata di destinasi-destinasi yang tak kalah indahnya dengan daerah lain. Kalau bukan kita, siapa lagi yang bangun Maluku Manise.

Untuk Pulau Ora, tunggu di episode berikutnya wwkwkwkwkw...

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Romantis Persembahan Nona Ambon dan Nyong Ambon Manise

Cool Tips - Ini lagu romantis banget dan wajib didengar, dijamin kalau ada yang dengerin lagu yang berjudul paleng bae yang dalam bahasa Indonesianya kalau diartikan lagu ini berjudul Paling Baik Bakal selalu ingat dengan pacarnya, yang mungkin sekarang ini berstatus sebagai istrinya ataupun sebagai suaminya bahkan yah bisa dibilang statusnya sekarang hanyalah sebagai mantan pacar jika tidak berjodoh. hehehehe...gak usa galau, happy aza yah..?? yang lalu biarlah berlalu cukup dikenang saja sebagai kenangan terindah begitulah kata Band Samsons Pencipta lagu Paleng Bae ini bernama Cevin Syahailatua, dan lagu bernada melow ini di-recycle oleh sahabat saya semasa SMP dulu, dan sudah pasti saat itu saya masih imut-imutnya hehehehe.. Selain cantik dan pintar, Nona Helen Nanlohy ini memiliki talenta membanggakan dengan vokalnya yang cukup mempesona siapa saja yang mendengarkannya bisa langsung suka  :-) Lagu ini bercerita tentang kuatnya arti sebuah cinta antara wanita dan pria.

Sukun Goreng Colo Gula

Sukun Goreng Colo Gula Cool Tips- Biasanya sukun hanya kita goreng begitu saja, nah kali ini kita akan buat dengan sedikit berbeda, dengan memberikan siraman gula merah yang tentu saja bakal menambah rasa manis dan kriuk. Ini dia sukun goreng colo gula , silakan buat yuuks.. Bahan: 250 gr sukun tua (jangan yang terlalu matang apalagi lembek). 400 ml air. 1/2 sdt garam. myk goreng secukupnya. Bahan santan gula merah : 200 gr gula merah. 50 ml santan dr 100g kelapa. 2 lembar daun pandan. Jangan lupa baca yang ini Cup Cake Kukus Manis Dan Lembut Gorengan Bola-Bola Tahu Pedas Wingko Kentang cara buat: rendam sukun ke dalam air garam(jgn lama-lama hanya sebentar) goreng hingga matang.angkat, tiriskan. sajikan dengan santan gula merah. santan gula merah: masak gula dan santan sampai mendidih (sambil diaduk terus biar gak gosok), jgn lupa tambahin daun pandan biar wangi.siap, sajikan dgn sukun gorengnya.

Yuuks, Kenalan Sama Kuliner Khas Ambon.. (Bonus Resep Jus Gandaria)

Cool Tips - Ok guys, berhubung tidak bisa datang di Pesta Pattimura di Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) pada hari Minggu 19 Mei 2013 besok, saya cuma bisa bikin panduan singkat tentang kuliner Ambon. Semoga bisa mengobati rasa rindu kita yang pengen datang ke sana hehehe... Yuuks, k enalan sama kuliner khas Ambon ..(bonus resep jus gandaria) Nih salah satu pantai wisata Ambon, Pintu Kota (Tanah Lot-nya Ambon hehe...) Kepulauan Ambon memiliki panganan khas yg seantero banyaknya. M akanan khas Ambon di antaranya kasbi (singkong) rebus, ubi jalar rebus, keladi (talas) rebus, dan pisang rebus. Semuanya ini bukanlah kudapan atau jajanan, namun di sisi lain kue khas Ambon sangat banyak di jumpai di pinggiran jalan daerah Batu Merah, Waihaong ataupun Galala bahkan di pesisiran Pantai Losari daerah Mardika Ambon anda bisa menikmati di antara nya sukun goreng/sukun siram gula merah (hemm..yg terkenal enaknya en krenyess nyess..) yg bisa di jumpai di pasar tradisional kota Ambon at