Skip to main content

Khasiat Bumbu Dapur Untuk Kesehatan



Cool Tips -  Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sudah tidak asing lagi ditelinga para Ibu, dan bawang merah ini wajib hadir di dapur untuk melengkapi masakan Ibu. Bawang merah selain sebagai bumbu dapur dan penyedap makanan ternyata manfaat bawang merah juga sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan sering terabaikan oleh para Ibu karena belum mengerti bahwa sebenarnya banyak sekali manfaatnya untuk pengobatan.

Apalagi orang tua jaman dahulu lebih menyukai pengobatan secara tradisional dengan menggunakan bawang merah sebagai obat alami untuk menangani beberapa penyakit. Maka tak ada salahnya, jika Ibu memanfaatkan khasiat bawang merah sebagai obat alami yang aman, tanpa harus menggunakan obat. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang merah yang bisa digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit, di antaranya:

Mengatasi pingsan

Pingsan sering dialami banyak orang. Hal ini terjadi karena orang tersebut mengalami kurang darah atau bisa juga dikarenakan mabuk kendaraan. Mau tau bagaimana tips dan trik mengatasi pingsan, cukuplah mudah, hanya dengan memberikan bumbu masak bawang merah ini masalah pertolongan pertama pada pingsan bisa diatasi dengan cepat. simak lebih lengkap yah?

Pertolongan pertama dengan cara baringkan penderita dengan suasana rileks, dekat hidung oleskan minyak kayu putih atau gerusan bawang merah. Bau yang menyengat akan membuat penderita segera sadar.

Mencegah terjadinya kanker

Kanker diketahuai sebagai salah satu penyakit yang mematikan dan sangat berbahaya. Nah sebagai obat kanker bawang merah bisa di jadikan salah satu obat alternatif untuk mengobati kanker.

Pada bawang merah terdapat yang kandungan senyawa belerang yang dapat mencegah terjadinya kanker. Senyawa aktif yang ada pada bawang merah mentah berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh. Sehingga untuk pencegahan penyakit kanker, perlu dikonsumsi bawang merah mentah, agar sel kanker yang ada tidak berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi.

Selain senyawa belerang, bawang merah mentah juga memiliki kandungan sulfur yang dapat melindungi tubub dari beberapa penyakit kanker seperti kanker lambung, usus, payudara paru-paru dan juga prostat. Caranya kupas beberapa siung bawang merah kira-kira 2 atau 3 siung bawang merah, dicuci kemudian dirajang dan diberi sedikit garam kemudian dimakan mentah-mentah.

Penurun demam

Keluhan yang paling sering dijumpai pada anak-anak adalah demam. Namun, Ibu janganlah risau ataupun panik jika tiba-tiba si kecil demam. Ibu bisa menurunkan demam si kecil dengan menggunakan obat herbal yang bisa Ibu buat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur, yakni bawang merah.

Ramuan herbal ini sangat gampang dan mudah sekali pembuatanya, Ibu cukup ambil 3-5 siung bawang merah, kupas lalu cuci bersih, Kemudian gerus atau tumbuk kasar lalu Ibu campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan sedikit minyak kayu putih ataupun minyak telon, setelah itu oleskan ke tubuh anak.

Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh. Kandungan flavonoid yang terdapat pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti radang, anti bakteri serta mampu menurunkan panas.

Mengurangi depresi

Folat yang ada pada bawang merah, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

Mengatasi perut kembung

Perut kembung sring dialami anak-anak bahkan orang dewasa , dan penyebab kembung dikarenakan udara masuk dan perut pun menjadi kembung. Tak heran jika seseorang mengalami perut kembung sudah tentu sangatlah merisaukan. Bawang merah bisa mengatasinya, cukup dengan irisan 2 siung bawang merah dan diberi sedikit garam dan minyak kayu putih atau telon kemudian dioleskan pada perutnya.

Sebagai anti bakteri dan anti virus

Bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin, Senyawa ini lalu diubah oleh enzim alliinase menjadi asam piruvat, ammonia dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida.

Selain itu, manfaat bawang merah juga bisa sebagai antivirus. Caranya dengan meletakkan irisan atau potongan bawang merah yang telah dikupas di pojok ruangan yang ampuh untuk menyerap virus flu yang berada si sekitar ruangan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik, sehingga mampu

Memperlancar aliran darah

Asam fosfat mampu memurnikan dan menyerap racun dalam darah sehingga sirkulasi darah pun menjadi lancar. Dengan cara menempelkan bawang merah di kaki bersama perban.

Itulah beberapa manfaat bumbu dapur bawang merah bagi kesehatan manusia. Semoga apa yang aku tulis memberikan manfaat bagi kalian semua ya. Jangan lupa dikomen dan dishare, OK? Makasih. Jangan lupa baca juga Khasiat Dari Buah Anggur

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Romantis Persembahan Nona Ambon dan Nyong Ambon Manise

Cool Tips - Ini lagu romantis banget dan wajib didengar, dijamin kalau ada yang dengerin lagu yang berjudul paleng bae yang dalam bahasa Indonesianya kalau diartikan lagu ini berjudul Paling Baik Bakal selalu ingat dengan pacarnya, yang mungkin sekarang ini berstatus sebagai istrinya ataupun sebagai suaminya bahkan yah bisa dibilang statusnya sekarang hanyalah sebagai mantan pacar jika tidak berjodoh. hehehehe...gak usa galau, happy aza yah..?? yang lalu biarlah berlalu cukup dikenang saja sebagai kenangan terindah begitulah kata Band Samsons Pencipta lagu Paleng Bae ini bernama Cevin Syahailatua, dan lagu bernada melow ini di-recycle oleh sahabat saya semasa SMP dulu, dan sudah pasti saat itu saya masih imut-imutnya hehehehe.. Selain cantik dan pintar, Nona Helen Nanlohy ini memiliki talenta membanggakan dengan vokalnya yang cukup mempesona siapa saja yang mendengarkannya bisa langsung suka  :-) Lagu ini bercerita tentang kuatnya arti sebuah cinta antara wanita dan pria.

Sukun Goreng Colo Gula

Sukun Goreng Colo Gula Cool Tips- Biasanya sukun hanya kita goreng begitu saja, nah kali ini kita akan buat dengan sedikit berbeda, dengan memberikan siraman gula merah yang tentu saja bakal menambah rasa manis dan kriuk. Ini dia sukun goreng colo gula , silakan buat yuuks.. Bahan: 250 gr sukun tua (jangan yang terlalu matang apalagi lembek). 400 ml air. 1/2 sdt garam. myk goreng secukupnya. Bahan santan gula merah : 200 gr gula merah. 50 ml santan dr 100g kelapa. 2 lembar daun pandan. Jangan lupa baca yang ini Cup Cake Kukus Manis Dan Lembut Gorengan Bola-Bola Tahu Pedas Wingko Kentang cara buat: rendam sukun ke dalam air garam(jgn lama-lama hanya sebentar) goreng hingga matang.angkat, tiriskan. sajikan dengan santan gula merah. santan gula merah: masak gula dan santan sampai mendidih (sambil diaduk terus biar gak gosok), jgn lupa tambahin daun pandan biar wangi.siap, sajikan dgn sukun gorengnya.

Yuuks, Kenalan Sama Kuliner Khas Ambon.. (Bonus Resep Jus Gandaria)

Cool Tips - Ok guys, berhubung tidak bisa datang di Pesta Pattimura di Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) pada hari Minggu 19 Mei 2013 besok, saya cuma bisa bikin panduan singkat tentang kuliner Ambon. Semoga bisa mengobati rasa rindu kita yang pengen datang ke sana hehehe... Yuuks, k enalan sama kuliner khas Ambon ..(bonus resep jus gandaria) Nih salah satu pantai wisata Ambon, Pintu Kota (Tanah Lot-nya Ambon hehe...) Kepulauan Ambon memiliki panganan khas yg seantero banyaknya. M akanan khas Ambon di antaranya kasbi (singkong) rebus, ubi jalar rebus, keladi (talas) rebus, dan pisang rebus. Semuanya ini bukanlah kudapan atau jajanan, namun di sisi lain kue khas Ambon sangat banyak di jumpai di pinggiran jalan daerah Batu Merah, Waihaong ataupun Galala bahkan di pesisiran Pantai Losari daerah Mardika Ambon anda bisa menikmati di antara nya sukun goreng/sukun siram gula merah (hemm..yg terkenal enaknya en krenyess nyess..) yg bisa di jumpai di pasar tradisional kota Ambon at